Breaking News

Maknai Hari Kemerdekaan, Kamad Minta Siswa Jadi Pahlawan Untuk Diri Sendiri

 

Paringin (MTsN 1 Balangan) – Setelah beberapa tahun dilanda pandemi Covid-19, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Balangan gelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/08/22) di halaman utama madrasah.

Upacara tersebut dihadiri seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) serta peserta didik, dengan inspektur upacara Kepala MTsN 1 Balangan H. Adul, S.Ag, MM. Tampak seluruh peserta upacara begitu antusias mengikuti jalannya acara.

Dalam amanatnya H. Adul mengajak siswa di momen hari kemerdekaan untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah berhasil mengisir penjajah dan menginspirasi mereka untuk turut menjadi pahlawan.

Menurutnya  menjadi pahlawan bukan hanya menjadi milik mereka yang berjuang di medan perang, namun bisa dilakukan oleh siapa saja baik menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri maupun menjadi pahlawan bagi orang lain.

Menjadi pahlawan bagi diri sendiri bisa juga dilakukan dengan cara memperbaiki akhlak, menjauhi dari segala yang mudharat, belajar dengan tekun dan berjuang demi masa depan dirinya sendiri”, ujarnya.

Lebih lanjut, H. Adul mengatakan dengan menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri sehingga tidak merugikan orang orang lain adalah salah satu cara seorang siswa untuk mengisi kemerdekaan.

“Dengan menjadi pahlawan bagi diri sendiri, minimal kehadiran dan tingkah lakunya tidak merugikan orang lain. Namun jika ia bisa bermanfaat bagi orang banyak tentu itu jauh lebih baik”, imbuhnya.

Pada upacara ini seluruh petugas pelaksana upacara dilakukan oleh GTK MTsN 1 Balangan. Usai acara dilanjutkan penyerahan piala dan hadiah kepada siswa pemenang lomba tujuh belasan yang digelar beberapa hari sebelumnya.

(Ref/Ft : Sanwari)


Artikel ini juga dimuat di Website Kanwil Kemenag Kalsel:
https://kalsel.kemenag.go.id/berita/566413/Maknai-Hari-Kemerdekaan-Kamad-








Tidak ada komentar