Breaking News

Siswa - Siswi MTsN 1 Balangan Berkompetisi di Ajang KSM 2022

 

Paringin (MTsN 1 Balangan) – Sebanyak 6 peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Balangan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Minggu (14/08/22) yang digelar di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan.

Mereka adalah Arnia Safitri (IX A) dan Adzkia Nur El Afiyah (IX A) untuk mata pelajaran Matematika, Mustika (IX A) dan Jacinda Maulidya Rahfani (VIII A) di bidang IPA serta di IPS ada Marliyan Nisa (IX A) dan Raffa Arkandi Diki (VIII D).

Menurut salah satu guru pendamping, Ustantiningsih, SE menjelaskan KSM yang dilaksanakan saat ini baru tingkat Kabupaten Balangan. Pelaksanaannya sambung Ustan diadakan secara serentak berbasis komputer.

“Sebagaimana juknis KSM, jadwal hari ini untuk gelaran KSM tingkat Madrasah Tsanawiyah. Dan kami bersyukur, kontingen MTsN 1 Balangan dalam keadaan formasi lengkap dan sehat”, ujar guru IPS ini.

Ditambahkan pendamping lainnya, Rahmaniah Ulfah, S.Pd guru bidang studi Matematika bahwa soal yang akan dikerjakan siswa peserta KSM terdiri dari soal pilihan ganda dan essay singkat dalam durasi waktu 90 menit.

“Mudah-mudahan anak didik kami bisa fokus dan cermat dalam mengerjakaan setiap soalnya. Sehingga dapat menuntaskan seluruh soal dengan baik dan benar”, harapnya.

Sementara, Kepala MTsN 1 Balangan H. Adul, S.Ag, MM mengatakan pihaknya sangat antusias dengan ajang kompetisi bagi siswa madrasah ini. Menurutnya KSM membawa nilai-nilai yang positif bagi madrasah dan juga menumbuhkan rasa kompetitif di antara pesertanya.

“Mereka yang mewakili madrasah adalah mereka yang lulus seleksi di tingkat satuan pendidikan. Setelah itu mereka dibimbing khusus oleh guru pendamping hingga menjalani serangkaian simulasi KSM”, pungkas H. Adul.  

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sendiri merupakan sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Ajang ini bertujuan menjadi sarana maupun wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang sains.

Tahapan selanjutnya dijadwalkan untuk hasil KSM tingkat Kabupaten akan diumumkan melalui portal KSM pada tanggal 18 Agustus 2022 nanti.

(Ref/Ft : Sanwari)


Artikel ini juga dimuat di website Kanwil Kemenag Kalsel : https://kalsel.kemenag.go.id/berita/566193/Enam-Peserta-Didik-MTsN-1-Bala

 





Tidak ada komentar