Breaking News

Pengawas Madrasah : Supervisi Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa

 

 

Paringin (MTsN 1 Balangan) – Pengawas madrasah dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan, H. Rahmatullah, S.Ag. MM menyatakan supervisi pembelajaran terhadap guru merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas pengajaran guru di kelas.

“Oleh karenanya, guru tidak perlu merasa takut ketika disupervisi baik oleh kepala madrasah ataupun pengawas madrasah”, ujar H. Rahmatullah saat melaksanakan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Balangan, Selasa (09/08/22).

Lebih lanjut dijelaskannya, supervisi merupakan  pemberian layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik.

“Dalam supervisi guru tidak dianggap sebagai pelaksana pasif, melainkan diperlakukan sebagai partner bekerja untuk saling bekerja sama mencari cara mengajar terbaik. Jadi stigma negatif bahwa supervisi hanya mencari kesalahan-kesalahan cara mengajar guru itu tidak benar”, imbuhnya.

Hal senada juga diucapkan Kepala MTsN 1 Balangan, H. Adul, S.Ag. MM bahwa kegiatan supervisi terhadap guru bertujuan agar guru dapat menjadi lebih profesional dalam bidangnya.

Usai supervisi dilakukan diskusi kolaborasi untuk menemukan kelemahan dan kelebihan metode pembelajaran. Jadi fokus perbaikan bukan pada guru namun pada metode pembelajarannya”, pungkas H. Adul saat bersama pengawas madrasah melakukan supervisi.

Pada supervisi tersebut dilaksanakan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Nor Hasanah, S.Pd yang mengajar di kelas VII B MTsN 1 Balangan. Tampak hingga berakhir jam pelajaran supervisi berjalan dengan baik dan lancar.

(Ref/Ft : Sanwari)

Artikel ini juga dimuat di Website Kanwil Kemenag Kalsel:
https://kalsel.kemenag.go.id/berita/565912/Pengawas-Madrasah-Supervisi-Pe

Tidak ada komentar